Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Al-Mutakabbir

Al Mutakabbir
Bismillahirrahmanirrahiim

Cara mulia dan terpenting yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah adalah dengan bertawasul kepadaNya dengan nama-namaNya yang baik.Allah telah memerintahkan kita dalam Al-Qur'an untuk berdoa dengan menyebut nama-namaNya.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman : "Hanya milik Allah-lah al-Asma al-Husna',maka bermohonlah dengan menyebut Asmaul al-Husna' itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam ( menyebut ) nama-namaNya.Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.
( QS. Al-A'raf " 180 ).

al mutakkabir,asmaul husna,al mutakkabir asmaul husna

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam juga bersabda :"Sesungguhnya Alah memiliki sembilan puluh sembilan nama,seratus kurang satu,barangsiapa menjaganya.ia akan masuk Jannah ".
( HR. Bukhari dan Muslim ).

Al-Mutakabbir adalah Zat pemilik kesombongan, Maharaja Yang Agung, Yang Mahatinggi, dan Maha Memaksa hambaNya yang sombong.

Nama Al Mutakabbir disebutkan di dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :
" Dialah Allah Yang tiada Ilah ( yang berhak disembah ) selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Kesombongan ".
( QS. Al-Hasyr : 23 ).

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda bahwa Allah mengagungkan diriNya dengan berfirman : " Aku adalah Zat yang Maha Perkasa, yang memliki kebesaran, Maharaja, dan Aku adalah Zat yang Mahatinggi ".
( HR. Ibnu Majah ).

Al Mutakabbir
adalah Zat pemilik kesombongan, Maharaja Yang Agung, Yang Mahatinggi, dan Maha Memaksa hamba-Nya yang sombong.Dialah Rabb yang Mahaagung dari setiap kejelekan dan tindakan zhalim manusia, Mahaagung dengan tidak menerima kesyirikan dalam beribadah kepadaNya, dan Dia-lah Rabb yang hanya menerima amal yang ikhlas.


Doa-doa yang berkaitan dengan nama Al-Mutakabbir :

Seorang Badui mendatangi Nabi dan berkata : " Ajarkan kepadaku doa yang bisa aku baca ".Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : " Bacalah : " Tidak ada Ilah ( yang berhak disembah ) kecuali Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya, Allah Mahabesar, segala puji milik Allah, Mahasuci Allah Rabb semesta alam, tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah, Zat yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana ".

Orang Badui itu lalu bertanya : " Doa tesebut hanya untuk Allah, lalu doa apa yang bermanfaat untukku ?" Nabi Bersabda : "Bacalah : "Ya Allah,ampunilah dosaku, berilah rahmat kepadaku, tunjukkanlah aku kejalan yang benar, dan berilah aku rejeki yang halal ".
( HR. Muslim ).

Nabi Musa a.s berdoa dengan nama ini sebagaimana yang tercantum dalam firman Allah : " Sesungguhnya aku berlindung kepada Rabbku dan Rabbmu dari setiap orang yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari Perhitungan ".
( QS. Ghaffir : 37 ).

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ya Allah, Engkaulah Zat yang Mahakuasa, Maha perkasa, dan Zat yang Memiliki Kebesaran yang tiada tandingan bagi-Mu.Aku memohon kepadaMU dengan nama-nama tersebut agar Engkau berkenan memberikan shalawat kepada Muhammad, hamba dan Rasul-Mu, dan kepada keluarga beliau.

Orang yang mengesakan Al-Mutakabbir akan tertanam sifat rendah hati dalam jiwanya, menafikan kesyirikan dan lahirnya keikhlasan dalam beramal, membersihkan diri dari sifat-sifat rububiyah sehingga ia tidak akan berlaku sombong, akan tetapi berendah diri kepada Allah Zat Yang Maha Besar.

Disebutkan dalam hadist shahih bahwa Rasulullah bersabda : " Maukah kalian aku kabarkan ciri penghuni Jannah ? Mereka adalah orang yang tawadhu' dan dianggap remeh dan jika bersumpah kepada Allah, maka Allah akan membenarkannya.Dan maukah aku kabarkan kepada kalian penghuni neraka ? Mereka adalah setiap orang yang kasar, keras, yang kikir, lagi sombong ".
( HR. Bukhari ).

Disebutkan dalam hadist shahih dari shahabat Ibnu Mas'ud bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : " Tidak akan masuk surga ( Jannah ) seorang yang dalam hatinya terdapat sebiji sawi dari sifat sombong ". ( HR. Muslim ).

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar KebaikanMengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Tag : Asmaul Husna
0 Komentar untuk "Al-Mutakabbir"

Back To Top