Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

DOA


Bismillahirrahmanirrahiim

"...Berdoalah kepadaKu, niscaya akan Kuperkenankan bagimu ..."
( QS. Al-Mu'min : 60).

Doa adalah bukti penghambaan seorang manusia kepada Allah.Dengan doa, kita serahkan diri sepenuhnya kepada Allah karena Allah selalu memberikan yang terbaik dan terindah dalam hidup kita.Doa ibarat air yang menyejukkan dahaga.Doa adalah sebuah media percintaan hamba kepada Sang Khalik. 

Sesungguhnya, jalan menuju kebahagiaan terdapat dalam kesuciaan hati dan kejernihan pikiran kita.Hidup tidak selamanya berjalan mulus.Tak jarang kita menemukan kerikil-kerikil kecil yang tajam dan menyakitkan.

Dengan kesucian hati dan kejernihan pikirang kita, kita mengetahui tidak ada tempat kembali selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan tidak ada tempat sebaik-baiknya untuk meminta selain Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Betapa Allah memuji hamba-hambaNya yang beriman karena mereka berdoa dan meminta dariNya :" Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada kami dengan harap dan cemas.Dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada kami."
( QS. Al-Anbi'yaa : 90 ).

Ketika kesulitan mencekik leher dan kita tak tahu kepada siapa harus meminta, Allah Subhanahu Wa Ta'ala tak pernah lalai menanti kita untuk meminta kepadaNya.Begitu dekatnya Dia kepada kita, tetapi sering kali kita tak menyadai kedekatanNya pada kita.

Kita pun tak jarang menyangsikanNya.Karena Allah Mahaberkah dalam nama-namaNya dan Mahadekat dengan hambaNya, maka Dia Maha Mendengar dan Maha Mengabulkan doa kita.

"Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku maka ( jawablah ), bahwasannya Aku adalah dekat.Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu maka hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu dalam kebenaran."
( QS. Al-Baqarah : 186 ).

Doa adalah pangkal ibadah.Tanpa doa ibadah tidak memiliki bobot dan nilai, karena itu merupakan indikasi kesombongan seseorang kepada Allah.Berdoa kepada Allah menunjukkan kelemahan kita sebagai hamba Allah.Berdoa adalah ibadah.Hal itu diperjelas Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dalam pesan beliu kepada Ibnu Abbas ketika beliau mengendarai keledai bersamanya.

Rasulullah bersabda : "Jika kamu meminta sesuatu, maka mintalah kepada Allah, jika kamu meminta pertolongan mintalah pertolongan kepada Allah."
( HR. Tirmidzi ).

Saat kesulitan melanda kehidupan kita, janganlah bersusah hati.Tidak perlu menceritakannya pada orang lain melihat betapa menderitanya kita.Datanglah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Sampaikanlah keluh kesah kita padaNya.Hanya Allah yang mampu menyelesaikan kesulitan yang melanda kita tanpa membuka aib kita.

Dengan selalu berdoa dan khusyuk kita akan selalu mengingatNya.Imam Ghazali mengatakan : "Dalam berdoa, terdapat hikmah yaitu bisa membuat hati selalu ingat kepada Allah yang merupakan puncaknya ibadah." Rasulullah Shallallahu "Alaihi Wa Sallam pun bersabda : " Doa adalah otaknya ibadah ".

Akan tetapi, manusia biasanya hanya berdoa kepada Allah jika mempunyai hajat atau ketika sedang tertimpa suatu musibah.Oleh karenanya, hajatlah yang mendorong manusia kepada pemiliknya dengan tawadhu serta tenang.Dengan doa, hati selalu ingat kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Oleh karenanya, tidak heran jika cobaan sering kali menimpa para Nabi Allah, waliNya, dan shalihin karena cobaan itu bisa membuat hati senantiasa membutuhkan Allah, hina di hadapanNya, serta mencegahnya dari lupa kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat. Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan kepada sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya, serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Tag : Adab, Muhasabah
0 Komentar untuk "DOA"

Back To Top