Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Rahasia Shalat Khusyu'

 Bismillahirrahmanirrahiim

Seorang ahli ibadah bernama Isam bin Yusuf, sangat warak dan sangat khusyuk shalatnya.Namun, dia selalu khawatir kalau ibadahnya kurang khusyuk dan selalu bertanya kepada orang yang dianggapnya lebih baik ibadahnya, demi untuk memperbaiki dirinya yang selalu dirasakan kurang khusyuk.

Pada suatu hari, Isam menghadiri majelis seorang 'abid bernama Hatim Al-Isam dan bertanya : " Wahai Aba Abdurahman, bagaimanakah caranya Tuan shalat ?"Hatim menjawab : " Apabila masuk waktu shalat aku berwudhu zahir dan bathin ".Isam bertanya : " Bagaimana wudhu zahir dan bathin itu ?"Hatim menjawab : " Wudhu zahir sebagaimana biasa, yaitu membasuh semua anggota wudhu dengan air.Sementara wudhu bathin ialah membasuh anggota tubuh dengan 7 perkara.Tujuh perkara tersebut adalah :
  1. Bertaubat.
  2. Menyesali dosa yang dilakukan.
  3. Tidak tergila-gila dunia.
  4. Tidak mencari / mengharap pujian orang lain ( riya' ).
  5. Tinggalkan sifat berbangga.
  6. Tinggalkan sifat khianat dan menipu.
  7. Meninggalkan sifat dengki.
Seterusnya Hatim berkata : " Kemudian aku pergi ke masjid, aku kemaskan semua anggotaku dan menghadap kiblat.Aku berdiri dengan penuh kewaspadaan dan aku bayangkan Allah ada di hadapanku, surga di sebelah kananku, neraka di sebelah kiriku, malaikat maut berada di belakangku, dan aku bayangkan pula bahwa aku seolah-olah berdiri di atas titian " Sirothol Mustaqim" dan aku menganggap bahwa shalatku kali ini adalah shalat terakhirku, kemudian aku berniat dan bertakbir dengan baik ".

Setiap bacaan dan doa dalam shalat kupahami dengan maknanya, kemudian aku ruku' dan sujud dengan tawadhu', aku bartasyahhud dengan penuh pengharapan dan aku memberi salam dengan ikhlas.
Beginilah aku bershalat selama 30 tahun.Apabila Isam mendengar, menangislah dia karena membayangkan ibadahnya yang kurang baik bila dibandingkan dengan Hatim.

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat.  Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan kepada sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

Tag : Nasehat
0 Komentar untuk "Rahasia Shalat Khusyu'"

Back To Top