Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Bagaimana Kita Mensyukuri yang Banyak, Jika yang Sedikit Saja Tak Mampu ?

Bismillahirrahmanirrahiim

Orang yang tidak pernah memuji Allah atas nikmat air dingin yang bersih dan segar itu, maka ia akan lupa kepadaNya jika mendapatkan istana yang indah, kendaraan yang mewah dan kebun-kebun yang penuh dengan buah-buahan yang ranum.
Orang yang tidak pernah bersyukur atas sepotong roti yang hangat, tidak akan pernah bisa mensyukuri hidangan yang lezat dan menu yang nikmat.Orang yang tak pernah bersyukur dan bahkan kufur, maka tidak akan pernah bisa membedakan antara yang sedikit dan banyak.

Tapi ironisnya, tak jarang orang-orang seperti itu yang pernah berjanji kepada Allah ketika nanti Allah menurunkan nikmat kepadaNya dan menyirami mereka dengan nikmat-nikmatNya, maka mereka akan bersyukur, memberi, dan bersedekah.

" Dan, di antara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah : "Sesungguhnya jika Allah memberikan sebagian karuniaNya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah, dan pastilah kami termasuk orang-orang yang shaleh.Maka, setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karuniaNya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)"
( QS. At-Taubah : 75-76 ).

Setiap hari kita banyak melihat manusia model ini.Hatinya hampa, pikirannya kotor, perasaannya kosong, tuduhan kepda Rabbnya selalu yang tidak senonoh, yang tidak pernah memberi karunia yang besar lah, tidak pernah memberinya rejeki lah, dan lainnya.

Dia mengucapkan itu ketika badannya sangat sehat dan serba kecukupan.Dalam kemudahan yang baru seperti itu saja, dia sudah tidak bersyukur.Lalu, bagaimana jika hartanya melimpah, rumahnya indah, dan istana yang megah telah menyita waktunya. Pasti dia akan lebih kurang ajar lagi dan akan lebih banyak durhaka kepada Rabbnya.

Orang yang bertelanjang kaki, karena tidak punya alas kaki mengatakan : "Saya akan bersyukur jika Rabbku memberiku sepatu ".Tapi orang yang telah memiliki sepatu akan menangguhkan syukurnya sampai dia mendapatkan mobil mewah.Kurang ajar sekali : Kita mengambil kenikmatan itu dengan kontan, namun mensyukurinya dengan mencicil.Kita tak pernah bosan mengajukan keinginan-keinginan kepadaNya.Tapi perintah-perintahNya yang ada di sekeliling kita lamban sekali dilaksanakan.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan kepada sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
0 Komentar untuk "Bagaimana Kita Mensyukuri yang Banyak, Jika yang Sedikit Saja Tak Mampu ?"

Back To Top