Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Al-Mu'min

Bismillahirrahmanirrahiim

Cara termulia dan terpenting yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah adalah bertawasul kepadaNya dengan nama-namaNya yang baik.Allah telah memerintahkan kita dalam Al -Qur'an untuk berdoa dengan menyebut nama-namaNya, sebagaimana firmanNya : " Hanya milik Allah-lah Al-Asma Al - Husna itu, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut Al-Asma Al-Husna itu... (QS. Al-A'raf : 180 ). Dan salah satu dari Asmaul Husna tersebut adalah Al-Mu'min.

Al-Mu'min Adalah Zat yang memberi keamanan manusia, yang tidak pernah menzhalimi seorang pun dari mereka.Nama Al-Mu'min disebutkan di dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :

" Dialah Allah Yang tiada Ilah ( yang berhak disembah ) selain Dia, Raja, Yang Mahasuci, Yang Maha Sejahtera, Yang Maha Mangaruniakan keamanan ".
( QS. Al-Hasyr : 23 ).
Al-Mu'min Adalah Zat yang memberi keamanan manusia, yang tidak pernah menzhalimi seorang pun dari mereka, Dialah pemberi keamanan kepada orang yang beriman dari adzabNya.Dialah yang menolong orang terzhalimi dan memberikan keamanan dari orang-orang zhalim.
Dialah yang membenarkan sikap orang-orang mukmin jika mereka mentauhidkanNya.Zat Yang Mahabenar janjiNya, Dia bersama sangkaan hambaNya kepadaNya, tidak mengecewakan dan tidak pula menelantarkan harapan hambaNya.
Doa-doa yang berkaitan dengan nama Al-Mu'min :

" Ya Rabb kami, kami telah beriman kepada apa yang telah Engkau turunkan dan telah kami ikuti Rasul, karena itu masukkanlah kami ke dalam golongan orang-orang yang menjadi saksi (tentang keesaaan Allah ) ".
( QS. Ali 'Imran : 53 ).

" Ya Rabb kami, kami telah beriman, maka ampunilah kami dan berilah kami rahmat dan Engkau adalah Pemberi rahmat yang paling baik ".
( QS. Al-Mukminun : 109 ).

" Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kenikmatan hidup dunia, dan memohon keamanan di hari kiamat.Ya Alllah, aku berlindung kepadaMu dari keburukan yang elah Engkau berikan kepada kami, dan dari keburukan yang masih Engkau tahan.Ya Allah, jadikanlah kami mencintai keimanan dan hiasilah hati kami dengan keimanan.
Jadikanlah kebencian kami pada perbuatan kufur,kefasikan, dan kemaksiatan.Jadikanlah kami orang yang-orang yang mendapat petunjuk.Ya Allah, wafatkanlah kami dalam keadaan muslim, hidupkan kami dalam keadaan berserah diri, dan kumpulkan kami bersama orang-orang shalih, bukan dengan orang-orang hina dan terfitnah.
Ya Allah, binasakanlah orang-orang kafir yag mendustakan para RasulMu, yang menghalang-halangiMu, berikanlah mereka siksaan dan adzab. Ya Allah, hancurkanlah orang-orang kafir ahli kitab ".
( HR. Bukhari , Ahmad ).
Orang yang mengesakan Al-Mu'min, akan tumbuh keyakinan dalam hatinya bahwa ketentraman, ketenangan, kenyamanan, dan kedamaian itu berasal dari Allah dan keimanan kepadaNya.Meyakini bahwa Allah akan menolong orang yang teraniaya, berlindung kepadaNya, sehingga ia hanya bergantung pada pertolonganNya, selalu meminta pertolonganNya, berharap Allah akan menyelamatkannya dari orang-orang zhalim dan kedengkian orang-orang dengki, karena sesungguhnya janji Allah kepada orang mukmin pasti ditepati.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
Tag : Asmaul Husna
0 Komentar untuk "Al-Mu'min"

Back To Top