Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Berdamai dan Meminta Maaf Kepada Suami

Bismillahirrahmanirrahiim

Hal yang paling membahagiakan suami adalah isterinya tidak memicu masalah dan bersegera menyeselaikan setiap masalah dengan segera.Ketahuilah, kebanyakan masalah rumah tangga dapat selesai dengan kata-kata yang lembut permintaan maaf yang sederhana, atau ciuman selintas dari suami atau isteri.

Ketahui juga, ketika muncul masalah rumah tangga, yang terbaik adalah isteri segera maminta maaf sebelum masalah itu membesar dan menjadi rumit.Isteri yang cerdas dapat mengubah suasana muram dan suram menjadi suasana yang penuh ketenangan dan kesenangan dengan kata-kata yang bijak dan tindakan yang baik.


Baik sang isteri itu zhalim atau dizhalimi, yang terbaik bagi suami isteri adalah isteri selalu menjadi pihak yang benisiatif meminta maaf, bekerja keras menyelesaikan dan memecahkan masalah itu.Ada Banyak sebabnya.

Diantara sebab itu adalah :
  1. Wanita lebih berhasrat menyukseskan kehidupan rumah tangganya, karena kepentingannya dalam hal ini lebih besar.
  2. Laki-laki lebih kasar daripada wanita.Dengan kelembutan, kehalusan, dan kasih sayangnya, waniya lebih mampu meringankan masalah.
  3. Isteri secara alami lebih mampu merendahkan diri,tunduk, dan meminta maaf kepada suami.
  4. Suami biasanya lebih besar kepala daripada isteri.Jika isteri menunggu suaminya meminta maaf dan menyelesaikan masalah, maka bisa jadi terlalu lama dan masalah itu telah berkembang menjadi lebih rumit.
  5. Isteri biasanya lebih muda daripada suami.Biasanya, yang lebih muda menghormati dan memberi salam kepada yang lebih tua.
  6. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam memerintahkan kita untuk patuh kepada pemimpin.Suami adalah pemimpin bagi isterinya.Jadi, isteri harus menghormati suaminya.
  7. Isteri shalehah mengetahui bahwa inisiatifnya untuk meminta maaf membuatnya lebih mulia di sisi Allah.Rosulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda : " Seorang muslilm tidak boleh memarahi saudaranya lebih dari tiga malam, saling bertemu tapi tidak saling menyapa.Yang terbaik adalah diantara mereka adalah yang pertama membaca salam kepada saudaranya ". ( HR. Bukhari dan Muslim ).Beliau juga bersabda : " Orang yang paling taat di antara kamu adalah orang yang pertama membaca salam kepada saudaranya ". ( HR. Ath-Thabrani ).
Sebagai suami, anda harus menghargai usaha isteri anda memulai perdamaian.Jangan sampai keangkuhan membuat anda berbuat dosa.Jangan sampai anda menjadi seperti kebanyakan suami yang berwatak kasar, hanya bisa merendahkan dan menhina, yang bila isterinya meminta maaf, malah mengatakan : " Ya, ini memang kebodohan dan kesalahanmu.Engkau sendiri mengaku ".

Semoga Allah membimbing para suami, wahai suami muslim.Bila isterimu meminta maaf, engkau cukup berkata : " Tidak mengapa.Aku tahu, kesalahan seperti ini pasti tak akan kau ulangi, karena engkau adalah isteri shalehah ". Lalu engkau harus segera berbaikan dan menghormati isterimu yang telah bertindak baik, karena tenggang rasa dan cepat ridha termasuk akhlak yang baik dan mulia, sedangkan susah memberi maaf termasuk akhlak yang buruk dan tercela.

Imam Asy-Sayfi'i Rahimahullah mengatakan : " Orang yang dibuat marah, lalu tidak marah, adalah keledai.Orang yang dimintai maaf, lalu tidak memaafkan, adalah setan ".

Semoga bermanfaat...Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
8 Komentar untuk "Berdamai dan Meminta Maaf Kepada Suami"

kunjungan perdana sambil follow,... jangan lupa followback blog saya ya sobat... marilah kita terapkan kejujuran dalam dunia blogger

Terima ksih atas berbagi ilmunya ADMIN MDMK...
Bermanfaat bagi kita semua...

@ Rizky Wardiansyah, @ Ferry I : Terima kasih

Hello my friend.
It's cold, o ° c here.
Good Tuesday.
Teb.

Info yg menarik kawan...bisa di jadikan renungan untuk kita semua. salam

Back To Top