Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

MENEPATI JANJI


Bismillahirrahmanirrahiim

Menepati janji adalah bagian dari akhlak terpuji yang memancar dari jiwa yang mulia.Orang yang menepati janji akan dekat dengan Allah dan manusia.Tapi sayang, sedikit sekali yang memiliki sifat agung ini, sampai-sampai ada yang mengatakan : "Aku bertanya kepada orang-orang tentang teman setia. Mereka menjawab :" Tidak ada jalan untuk mendapatkan itu." Bila kamu beruntung, peganglah ekor orang merdeka, karena mereka orang merdeka di dunia ini amatlah sedikit."

Allah Subhanahu Wa Ta'ala memerintahkan hamba-Nya untul setia pada janji, sebagaimana tertuang dalam firman-Nya:

" Dan tepatilah janji, karena sesungguhnya janji itu akan dimintai pertanggungjawabannya "
( QS. Al-Israa' (17) : 34 ).

" Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji..."
( QS. An-Nahl (16) : 19 ).

" Hai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu "
( QS. Al-Maa'idah (5) : 1 ).

Dalam sebuah hadist dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : Tanda orang munafik ada tiga; Bila bicara ia berdusta, Bila berjanji ia ingkar, dan bila dipercaya ia berkhianat "
( HR. Bukhari (33), Muslim (59) ).

Dari riwayat Abdullah bin Amr bin Al'Ash r.a bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Ada empat perkara yang bila keempatnya ada pada diri seseorang, maka ia termasuk munafik sejati; dan bila salah satunya, berarti di dalam dirinya ada sifat kemunafikan; yaitu : Bila dipercaya ia berkhianat, Bila bicara ia berdusta, Bila berjanji ia ingkari, dan bila berdebat ia berbuat jahat ".
( HR. Bukhari (34) ; Muslim (58) ).

Khianat dan ingkar janji adalah sifat orang-orang munafik.Sebaliknya, setia dan tepat janji adalah sifat pembeda bagi para nabi.

Dalam dialog antara Abu Sufyan dan Heraklius disebutkan perkataan Heraklius : "Aku bertanya kepadamu apa saja yang ia (Muhammad) perintahkan?

Lalu dijawab : "Beliau memerintahkan mendirikan shalat, berlaku jujur, menjaga kesucian diri, dan menepati janji dan melaksanakan amanah.Ini semua sifatnya seorang nabi."
( HR. Bukhari (2681) ).

Dalam pertanyaan berikutnya disebutkan : "Aku bertanya kepadamu apakah ia pernah ingkar janji ? Kamu jawab tidak pernah.Demikian halnya para rasul, mereka juga tidak pernah ingkar janji ".
( HR. Bukhari (2941) ; Muslim (1773 ).

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya, serta semua pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

0 Komentar untuk "MENEPATI JANJI"

Back To Top