Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Masuklah Ke Dalam Surga Bersama Orang Tua Kalian

Bismillahirrahmanirrahiim

Hadist Qudsi : Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman pada hari kiamat kepada anak-anak : "Masuklah kalian ke dalam surga !" Anak-anak itu berkata : "Ya Rabbi (kami menunggu) hingga ayah ibu kami masuk."Lalu mereka mendekati pintu surga !Tapi tidak mau masuk kedalamnya.Allah berfirman lagi :"Mengapa Aku lihat kalian enggan masuk ? Masuklah kalian ke dalam surga !"Mereka menjawab : "Tetapi (bagaimana) orang tua kami ?" Allah pun berfirman :"Masuklah kalian ke dalam surga bersama orang tua kalian."

( Hadist Qudsi riwayat Ahmad dari Syurahbil bin Syua'ah yang bersumber dari sahabat Rasulullah ).

Istilah "al-wildan" dalam hadist Qudsi di atas adalah kata jama",mufradnya (kata tunggalnya) adalah "Al-Walid",Artinya anak yang baru dilahirkan, yaitu bayi atau anak kecil yang belum akil baligh.Jadi maksudnya ialah anak kecil yang meninggal dunia.Hal itu diterangkan dalam hadist lain yang diriwayatkan Ibnul Astsir sebagai berikut :"Anak kecil (yakni yang meninggal dunia selagi anak-anak atau keguguran), masuk surga."

Maksud hadist di atas, termasuk salah satu di antara rentetan peristiwa yang terjadi pada hari kiamat di padang makhsyar.

Gambaran ringkas dari peristiwa-peristiwa itu adalah sebagai berikut :

1. Setiap orang dibangkitkan dari kuburannya masing-msing.


2. Masing-masing digiringkan oleh malaikat Zabaniah ke padang makhsyar.


3. Matahari diciptakan kembali dan diletakkan di atas mereka pada jarak satu mil, sehingga mereka selain berdesak-desakan dan berjubel-jubel, juga dibakar oleh panasnya matahari, berkeringat, lapar, haus dahaga tidak terperikan siksanya.


4. Ketika mereka mengalami lapar dan haus itulah anak-anak yang tadinya meninggal selagi masih kecil dan dilepas oleh orang tuanya dengan sabar dan tawakal, datang kepada orang tuanya masing-masing dengan membawa segelas air untuk diminum, dan apabila sudah diminum, tidak akan lapar dan dahaga lagi selama di alam makhsyar.Demikian menurut beberapa hadist.


5. Mulai hisab dengan menerima catatan harian masing-masing yang selama hidupnya di catat oleh malaikat Raqib dan Atid.


6. Dilakukan mizan (penilaian timbangan) terhadap segala macam amalan setiap orang, kecuali orang-orang yang masuk surga tanpa hisab.


7. Meniti shirat yang harus dilalui oleh keseluruhan yang ada di padang makhsyar itu.Meniti shirat yang kedua bagi mereka yang selamat meniti shirat yang pertama.


8. Mana yang sudah bersih benar baru diizinkan masuk ke dalam surga.


Pada saat itulah Allah memerintahkan kepada anak-anak (yang tadinya meninggal dunia selagi belum akil baligh) untuk memasuki surga.Tetapi mereka memohon syafa'at (pertolongan) kepada Allah agar kiranya dapat masuk surga bersama orang tua mereka.Memang mereka juga penuhi perintah Allah, untuk datang mendekati pintu surga, tapi masih belum mau memasukinya, sehingga Allah Yang Maha Mengetahui bertanya lagi :"Mengapa Aku lihat anak-anak itu masih saja belum masuk surga ? Masuklah kalian ke dalam surga itu."

Pada saat itu mereka mengulangi permohonannya bagi orang tua mereka."Kami belum mau masuk, sebelum orang tua kami yang menjadi asal pokok kami, dan ibu-ibu kami yang telah mengandung kami sembilan bulan dan kemudian membesarkan kami masuk juga bersama kami."

Demikian mereka berhenti dekat pintu surga, menunggu keputusan Allah dengan penuh harapan.

Akhirnya putusan yang dinanti-nantikan itu datang dengan segera, dengan firman Allah Yang Maha Mengetahui :"Masuklah kalian ke dalam surga bersama orang tua kalian."Betapa besar keutamaan anak-anak dan betap besar pula pengaruh ridha qadla dan qadar Allah, sabar dan puji syukur kehadirat-Nya.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat, salam, dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, keluarga, dan para shahabatnya.

Wassalam...

0 Komentar untuk "Masuklah Ke Dalam Surga Bersama Orang Tua Kalian"

Back To Top