Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Kemeriahan dalam Walimah Pernikahan


Bismillahirrahmanirrahiim

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam membolehkan kita menikmati hiburan dalam walimahan pernikahan.

Amir bin Sa'ad berkata : "Aku bertemu dengan Qarzhah bin Ka'ab dan Abi Mas'ud Al-Anshari dalam sebuah walimah pernikahan.Di samping mereka ada budak-budak wanita yang sedang bernyanyi.Aku berkata : "Kalian adalah shahabat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam dan ikut Perang Badar.Mengapa kalian melakukan hal ini ?"

Mereka berkata : "Jika kamu mau, silakan pergi.Sebab, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam membolehkan kita untuk menikmati hiburan dalam pernikahan ".
( HR. Hakim, An-Nasa'i ).
Aisyah Radhiyallahu Anha berkata : "Seorang wanita menikah dengan laki-laki kaum Anshar.Lalu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam berkata kepadaku : "Wahai Aisyah, kamu tidak pernah menikmati hiburan, sedangkan kaum Anshar menggemarinya ".
( HR. Bukhari ).

Walimahan pernikahan adalah sunnah muakkad.Anas Radhiyallahu Anhu berkata : "Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam melihat badan Abdurrahman bin Auf segar bugar.Nabi bertanya : "Apa sebabnya ?" Dia menjawab : "Aku menikah dengan wanita seharga sebatang emas ". Nabi Bersabda : "Semoga Allah memberkahimu.Adakan walimah walau hanya dengan menyembelih seekor kambing ".
( HR. Bukhari ).

Sebaiknya, walimahan pernikahan menyediakan makanan berupa daging minimal seekor kambing.Jika tidak ada dana, tidak mengapa jika tidak menyediakan daging.

Aisyah Radhiyallahu Anha berkata : " Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam mewalimahkan pernikahannya dengan beberapa isterinya hanya dengan menyediakan dua gantang gandum ".
( HR. Bukhari ).

Kewajiban Memenuhi Undangan Walimahan

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam bersabda : " Jika kamu diundang ke walimahan pernikahan, hadirilah ".
( HR. Muslim ).

Tidak memenuhi undangan walimah nikah adalah maksiat terhadap Allah dan Rasulnya.Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata : " Makanan terburuk adalah makanan pada walimahan yang undangannya dikhususkan bagi orang kaya dan menyisihkan orang-orang miskin.Orang yang tidak memenuhi undangan walimahan, dia telah bermaksiat kepada Allah dan RasulNya Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam ".
( HR.Bukhari ).

Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat. Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan kepada sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

Tag : Adab
0 Komentar untuk "Kemeriahan dalam Walimah Pernikahan"

Back To Top