Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Kepedihan Pengantin di malam pertama dan seterusnya

Bismillahirrahmanirrahiim

Siapakah yang akan menjadi teman untuk seorang pengantin yang memakai helaian kafan ? Malam pertama di alam kubur ditinggalkan sendirian menanggung nasib, meratapi kepergiaan orang-orang terkasih yang menghantar kekuburnya.Perpisahan yang tak ada perjumpaan lagi hingga hari kiamat.

Mana anakku, isteri dan saudara yang dulu mengasihiku ? Semua hartaku..., siapa yang menghabiskan segala jerih payahku selama ini ? Lubang ini terlalu sempit, tempat cacing dan ulat-ulat menggigit. Malam pertama sungguh berat ditanggung sendiri.
Malaikat datang membawa urusan penting.Bukan senda gurauan kekasih pada malam pengantin.Tetapi, bentakan yang menciutkan hati dan kekerasan yang memadamkan kegembiraan.

Siapa yang mau menolong, menemani dan membela ? Di mana sholat, puasa, haji dan sedekahku ? Datanglah...selimuti aku dari kepedihan siksa ini. Di mana bacaan Al-Qur'an,dzikir dan kelembutan lidah yang pernah mengeluarkan kata-kata yang baik ?

Seluruh tubuh badan yang kaku dan pucat ini. Siapakah yang sanggup membela mayat menangis di perut bumi, menyesal lantaran tidak menangis ketika bersimpuh di atas bumi.

Rasulullah Shallallahu "Alahi Wa Sallam bersabda :
" Orang yang bangkrut di kalangan umatku ialah seseorang yang datang pada hari kiamat dengan pahala sholat, puasa dan zakat.Tetapi, dia pernah memcaci si fulan, menuduh si fulan, menumpahkan darah si fulan.maka akan diberikan kepada orang yang teraniaya itu dari pahala kebaikan orang tadi sehingga apabila habis pahalanya, sedangkan belum semua terbayar, maka akan diambil ganti dari dosa orang itu dan dibebankan kepadanya dan dia dicampakkan ke dalam neraka karenanya."
( HR. Muslim dari Abu Hurairah ).

Mengingat keaiban diri yang terlalu banyak untuk dihitung, mengingat semua orang di sekeliling tidak dapat menolong kecuali amal ibadat yang dilakukan dengan keikhlasan.Tengah malam yang dingin, bangun dan berdiri tanpa diketahui manusia yang terlena mimpi. Sujud dan doa panjang, bacaan Al-Qur'an dan dzikrullah juga istighfar.

Amalan ini kebiasaan Rasulullah Shallallahu "Alaihi Wa Sallam dan sahabatnya. Menjadi anutan orang sholeh pada akhir zaman ini.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat. Marilah kita senantiasa mengajak dan menebar kebaikan bagi sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

0 Komentar untuk "Kepedihan Pengantin di malam pertama dan seterusnya"

Back To Top