Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Kehidupan Kita Bukan Hanya di Dunia Saja


Bismillahirrahmanirrahiim

Kebahagiaan di akherat sangat tergantung pada kebahagiaan di dunia.Oleh karena itu, orang yang punya nalar harus tahu bahwa kehidupan dunia ini masih berhubungan dengan kehidupan di akherat kelak.Yang ghaib dan yang tampak, dunia dan akherat, kini dan esok, itu sebenarnya satu.

Ada yang mengira bahwa kehidupannya hanyalah kehidupan di dunia.Ia mengira tak ada kehidupan akherat.Sebab itu, dia menimbun harta sebanyak-banyaknya.Dia mencari keabadian, dan hatinya sedah melekat dengan kehidupan yang fana ini.Tapi, tiba-tiba ia mati, semua obsesi, angan-angan, dan cita-cita hanya menumpuk di dalam dada.

Terkadang kita tak habis pikir, banyak orang-orang yang berada di sekitar kita yang mereka selalu berangan-angan muluk-muluk, belama-lama dalam mimpi, berobsesi terlalu tinggi, berkeinginan untuk hidup abadi, dan terus mencari.Tapi, tiba-tiba di antara kita pergi menghadapNya tanpa terlebih dahulu diajak bermusyawarah, tanpa diberi kabar, dan tanpa pernah diberikan pilihan.

" Dan, tiada seorang pun yang dapat mengetahui ( dengan pasti ) apa yang akan diusahakannya besok.Dan tidak seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati ".
( QS. Luqman : 34 ).

Ada tiga pertanyaan tentang hakekat :

1. Apakah kita telah mensyukuri semua nikmat, karunia, dan berbagai kebaikan yang diberikan, sehingga kini kita menuntut dan meminta yang lain ? Orang yang tidak mampu mensyukuri yang sedikit saja, maka dia akan lebih tidak mampu untuk mensyukuri yang lebih besar dan banyak.

2. Mengapa kita tidak mengambil faedah dari yang telah Allah karuniakan kepada kita, agar kita bisa mengembangkan, mengefektifkan, membersihkan dari semua kekejian dan kekotoran, dan selanjutnya kita dapat memberi manfaat, kontribusi, dan pengaruh dalam kehidupan ini ?

3. Kapan kita memperkirakan akan mendapatkan ketenangan dan ketentraman, jika kita belum ridha dengan Rabb, dengan hukum-hukum, perbuatan-perbuatan, qadha' dan qadharNya ? Ketenangan dan ketentraman hidup juga sulit didapatkan jika kita belum ridha dengan rejeki dan karunia Allah yang diberikan kepada kita.

Sifat-sifat terpuji dan karunia-karunia yang agung, sebenarnya ada di dalam akal dan jasad kita.Namun, oleh sebagian kita, hal itu dilihat seperti barang tambang mahal yang terkubur di dalam tanah, di dalam perut bumi yang hingga kini belum ditemukan orang yang bisa menambangnya, untuk kemudian dicuci dan dibersihkan agar menjadi cemerlang, berkilau, dan jelas di mana pun ditempatkan.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.Semoga Allah melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam,keluarga dan para shahabatnya.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
0 Komentar untuk "Kehidupan Kita Bukan Hanya di Dunia Saja"

Back To Top