Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Peran Ciuman dalam Kehidupan Rumah Tangga


Bismillahirrahmanirrahiim

Banyak orang yang menikah tanpa berbekal pengetahuan memadai tentang pernikahan.Dia hanya tahu bahwa pernikahan adalah relasi yang sah secara syar'i antara laki-laki dengan perempuan, yang terbungkus dalam konsep yang berbeda-beda seiring perbedaan level sosial dan intelektual masing-masing orang.Perseptif Islam tentang pernikahan sebenarnya jauh lebih integral dan komprehensif daripada itu.Karena Allah menjadikan pernikahan sebaga penenang dan penentram.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :" Dan salah satu tanda kekuasaanNya adalah Dia menciptakan pasangan untukmu dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa tenang padanya.Dia juga menjadikan rasa kasih sayang di antara kamu.Sungguh, dalam hal itu terdapat tanda-tanda bagi kamu yang berfikir ". 
( QS. Ar-Rum : 21 ).

Salah satu hal yang dapat menciptakan suasana yang baik, romantis dalam kehidupan rumah tangga adalah memberikan ciuman.Ciuman memiliki andil penting bagi kesehatan emosional, psikis, dan fisik manusia.Ibu menciumi anaknya setelah lahir, lalu anak itu di ciumi oleh ayah dan saudara-saudaranya.

Ciuman memiliki efek positif, laksana sihir dalam memberikan perasaan bahagia ke dalam perasaan anak-anak, membuat mereka merasakan cinta, kasih sayang, kehangatan, keamanan, dan kenyamanan.Ciuman juga memberikan mereka rasa percaya diri, karena ia membuat mereka merasa dicintai dan diinginkan.

Kebutuhan manusia akan ciuman terus berlanjut sepanjang hidupnya.Karib kerabat dan shahabat-shahabat berciuman satu sama lain dalam berbagai kesempatan.Pasangan suami isteri pun saling berciuman sepanjang kehidupan rumah tangga mereka, sampai berapa tua pun usia mereka.

Ciuman antara suami isteri tidak selalu bermotif seksual.Ia merupakan salah satu cara mengungkapkan perasaan dan isi hati.Ia cara terbaik untuk menyatakan permintaan maaf.Ia juga cara yang efektif untuk menyatakan keterpesonaan, rasa terima kasih, dorongan moril, atau lainnya.

Salah satu perusahaan asuransi jiwa di Amerika mengadakan penelitian tentang efek ciuman terhadap kehidupan manusia.Hasil yang didapatnya sebagai berikut :
Ciuman di pagi hari memiliki efek terapis yang lebih ampuh daripada apel.Suami yang dicium isterinya pada pagi hari sebelum berangkat kerja lebih jarang tertimpa kecelakaan lalu lintas, karena dia lebih tenang dan lebih mengendalikan syarafnya.Dia lebih mampu menanggung tekanan dan beban pekerjaan.Selain itu, pikirannya lebih rileks, tenang, santai,stabil, bahagia dan puas.

Dr.Coleman mengatakan : " Penelitian yang dilakukan terhadap ribuan orang menegaskan bahwa ciuman di pagi hari memicu sekresi tertentu dan proses kimiawi yang dapat membuat seseorang merasa nyaman dan tentram sehingga berpengaruh pada emosi-emosi batinnya."

Apabila isteri mengetahui dan menyadari peran positif ini dalam memberi ketenangan dan kedamaian bagi suaminya, maka hendaklah dia memberikan suaminya ciuman hangat agar sang suami membalasnya sama.Betapa indahnya kehidupan jika disertai emosi dan perasaan yang timbal balik.

Semoga bermanfaat...Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi sesama.

Kami beristighfar kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.Semoga Allah melimpahkan shalawat, salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya, serta seluruh pengikut beliau
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...
0 Komentar untuk "Peran Ciuman dalam Kehidupan Rumah Tangga"

Back To Top