Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Al-Bari

Bismillahirrahmanirrahiim

Cara mulia dan terpenting yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah adalah dengan bertawasul kepadaNya dengan nama-namaNya yang baik.Allah telah memerintahkan kita dalam Al-Qur'an untuk berdoa dengan menyebut nama-namaNya.
Sebagaimana firmanNya : " Hanya milik Allah-lah al-Asma al-Husna',maka bermohonlah dengan menyebut Asmaul al-Husna' itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam ( menyebut ) nama-namaNya.Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. 
( QS. Al-A'raf " 180 ).

Rasulullah SAW juga bersabda : " Sesungguhnya Alah memiliki sembilan puluh sembilan nama,seratus kurang satu,barangsiapa menjaganya.ia akan masuk Jannah ". 
( HR. Bukhari dan Muslim ).

Al-Bari adalah Zat yang terbebas dari kekurangan dan cacat, Dialah yang mempunyai zat, sifat dan perbuatan yang sempurna.Zat yang Mahasuci dari kekurangan dan cacat, tiada yang dapat menyerupai dan menandingiNya.

Nama Al-Bari ini disebutkan di dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala :

" Dialah Allah Yang Maha Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Yang Mempunyai nama-nama yang paling baik ".
( QS. Al-Hasyr : 24 ).
Al-Bari adalah yang menganugerahkan kehidupan, yang menciptakan segala sesuatu dengan sempurna sesuai dengan fungsi penciptaannya.Dia menciptakan manusia untuk menguji mereka, yang menyempurnakan bentuk ciptaan, yang menetapkan sesuatu sesuai dengan ketetapanNya, yang menyelamatkan makhlukNya, yang membedakan atu jenis dengan jenis lainnya, dan membentuk setiap makhluk sesuai dengan penciptaannya.

Doa-doa yang berkaitan dengan nama Al-Bari :

Malaikat Jibril mengajarkan kepada Rasulullah doa berikut :
" Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna yang tidak seorang pun sanggup melampauinya baik orang baik maupun orang yang durhaka dari kejelekan apa yang Dia ciptakan, dari kejelekan apa yang Dia adakan, dan dari kejelekan yang turun dari langit dan kejelekan yang naik ke langit, dari kejelekan yang masuk ke bumi dan kejelekan yang keluar darinya, dan dari kejelekan fitnah siang dan malam dan dari kejelekan setiap jalan kecuali jalan yang menghantarkan kepada kebaikan, Ya Rahman "
( As-Silsilah ash-Shahihah (840) ).

Disebutkan pula dalam hadist shahih dari Aisyah bahwa beliau berkata : " Apabila Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam sakit, maka Jibril membacakan ruqyah kepada beliau :
" Dengan nama Allah yang mengadakanmu, yang menyembuhkan segala penyalitmu, yang memberikan perlindungan dari kejahatan orang yang hasad, dan dari kejahatan setiap orang yang mempunyai  'ain ".
( HR. Muslim ).

Orang yang mengesakan Al-Bari akan meninggalkan nafsu syahwatnya yang menyelisihi perintah Allah, menjauhi segala syubhat yang menyimpang dari ajaranNya, menjauhi segala bentuk loyalitas selain untuk agama dan syariat Islam menjauhi segala bentuk bid'ah yang menyelisihi sunnah Nabi, dan menjauhi setiap bentuk maksiat yang dapat menjauhkan dari kecintaan,kedekatan, dan keridhaan Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Sudah seharusnya setiap manusia bertakwa kepada Allah ketika mengerjakan pekerjaannya, mengerjakannya dengan penuh keikhlasan dan keyakinan semampu mungkin, sebagai realisasi tauhid dan takut kepada Allah.Al-Bari adalah Zat yang wajib di sembah dan ditaati secara mutlak.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam, keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

Tag : Asmaul Husna
0 Komentar untuk "Al-Bari"

Back To Top