Kumpulan Artikel-Artikel Islami Untuk Kebaikan

Al-Bashir


Bismillahirrahmanirrahiim

Cara mulia dan terpenting yang dapat mendekatkan seorang hamba kepada Allah adalah dengan bertawasul kepadaNya dengan nama-namaNya yang baik.Allah telah memerintahkan kita dalam Al-Qur'an untuk berdoa dengan menyebut nama-namaNya,sebagaimana firmanNya : " Hanya milik Allah-lah al-Asma al-Husna',maka bermohonlah dengan menyebut Asmaul al-Husna' itu dan tinggalkan orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam ( menyebut ) nama-namaNya.Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan. 
( QS. Al-A'raf " 180).

Rasulullah SAW juga bersabda : " Sesungguhnya Alah memiliki sembilan puluh sembilan nama,seratus kurang satu,barangsiapa menjaganya.ia akan masuk Jannah ". 
( HR. Bukhari dan Muslim ).

Al-Bashir adalah Allah memiliki sifat melihat.Penglihatan adalah salah satu sifat ZatNya yang sesuai dengan keagunganNya.
Nama ini disebutkan Allah di dalam firmanNya :
" Maka mohonlah perlindungan kepada Allah, sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat ".
( QS. Ghaffar : 56 ).

Al-Bashir adalah Allah memiliki sifat melihat.Penglihatan adalah salah satu sifat ZatNya yang sesuai dengan keagunganNya.Sifat ini wajib ditetapkan tanpa meyerupakan atau menjelaskan bagaimananya, atau  meniadakan atau mengubahnya.
Dia Maha Melihat alam ghaib dan alam nyata, melihat segala sesuatu baik tersembunyi ataupun nampak, baik yang teramat sangat kecil atau pun yang besar.

Dia melihat makhlukNya, mengetahui mata yang khianat dan apa yang tersembunyi di dalam dada.Tidak ada sesuatu pun dari amal perbuatan hambaNya yang tersembunyi dariNya.BagiNya yang rahasia adalah jelas, yang ghaib adalah nyata.
Dia melihat semut hitam yang merayap di atas batu hitam di malam yang gelap gulita, dan melihat tali urat dan pembuluh darah tempat mengalirnya makanan di dalam anggota tubuh semut itu.

Allah adalah Al-Bashir yang melihat orang-orang yang beriman dengan kemuliaanNya dan rahmatNya, memberi mereka anugerah berupa nikmat dan JannahNya, menambah untuk mereka kenikmatan berjumpa denganNya dan melihatNya sebagai bentuk kemurahanNya.
Dan Dia tidak melihat kepada orang-orang kafir sebagai hukuman bagi mereka, maka mereka kekal di dalam siksa dan dihalangi dari melihatNya.

Doa-doa yang berkaitan dengan nama Al-Bashir :

"Ya Allah, jadikanlah cahaya di dalam hatiku, cahaya pada lisanku, jadikanlah cahaya pada pendengaranku, jadikanlah cahaya di belakangku, dan cahaya dari depanku, jadikanlah cahaya dari atasku, dan cahaya dari bawahku, Ya Allah berilah aku cahaya ".
( HR. Muslim ).
Orang yang mengesakan Al-Bashir akan mencapai derajat ihsan, ia selalu merefleksikan kesempurnaan rasa selalu di awasi Allah.Seperti di riwayatkan dalam hadist shahih dari Umar bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wa Sallam bersabda tentang ihsan : " Yaitu kamu beribadah kepada Allah seakan-akan kamu melihatNya, dan apabila kamu tidak melihatNya maka sesungguhnya Dia melihatmu ". 
( HR. Bukhari ).

Maka wajib hukumnya seorang hamba untuk merasa diawasi oleh Rabbnya dalam menjalankan ketaatan, dan yakin nahwa Allah dari atas 'Arsy melihat ibadahnya, mengetahui keikhlasan dan niatnya.
Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman : "Dan katakanlah. "Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu ".
( QS. At-Taubah : 105 ).

Orang yang mengesakan Al-Bashir akan memikirkan ciptaan Allah dan pengaruhnya, kesempurnaan kekuasaan dan hikmahNya yang sangat luas, serta mengambil pelajaran dari apa yang Allah timpakan terhadap umat-umat terdahulu

Semoga yang sedikit ini bermanfaat.Marilah kita untuk senantiasa Mengajak Dan Menebar Kebaikan bagi para sesama.

Kami beristighfar kepada Allah.Semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala melimpahkan shalawat,salam dan keberkahan kepada Nabi kita Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam,keluarga dan para shahabatnya serta seluruh pengikut beliau.
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaa hailla anta astaghfiruka wa atubu ilaika...

Wassalam...

Tag : Asmaul Husna
0 Komentar untuk "Al-Bashir"

Back To Top